Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda.

Photobucket

Saya akan segera pasang balik link anda

Sunday, January 17, 2010

Mendefinisikan Perguruan Tinggi Idaman

Mendefinisikan perguruan tinggi idaman, rangkaian kata yang terlintas tidak jauh dari kelulusan Sekolah menengah atas. Kata itu juga pernah terlintas dalam pikiran saya ketika menginjak bangku kelas 3 SMA dulu, dan juga kata itu sering disebut oleh teman-teman SMA ketika menginjak kelas 3, apalagi ketika sudah mendekati kelulusan. Begitupun siswa sekarang ketika mendekati ujian kelulusan pasti banyak terlintas tentang prguruan tinggi terbaik.

Siswa yang lulus dari SMA masih bayak yang bingung untuk memilih kemana setelah lulus nanti, langsung mencari kerja atau melanjutkan ke perguruan tinggi. Berbicara memilih perguruan tinggipun masih banyak yang bingung harus memilih kemana, memilih jurusan apa yang cocok dan baik pada universitas idaman nanti.

Siswa yang lulus dari SMA dan sederajat yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta idaman haruslah mempertimbangkan dengan matang.Perguruan tinggi memiliki materi dan sistem pembelajaran yang berbeda, sehingga dalam memilih jurusan kuliah pun harus mempertimbangkan berbagai hal.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan para siswa yang telah lulus SMA dalam memilih perguruan tinggi favorit Indonesia. Sebelum memilih perguruan tinggi terbaik, carilah informasi sebanyak mungkin tentang gambaran dari berbagai macam perguruan tinggi negeri favorit Indonesia maupun perguruan tinggi swasta favorit Indonesia, misalnya Universitas Islam Indonesia. Informasi itu cukup mudah diperoleh, misalnya : teman,saudara,tetangga,brosur,internet dan lain-lain. Dengan mencari informasi yang banyak bisa lebih mudah dalam memilih perguruan tinggi dan jurusan yang tepat bagi siswa. Setelah mendapatkan informasi tentang perguruan tinggi , barulah siswa menentukan perguruan tinggi idaman yang akan dijalani,tetapi tetap mempertimbangkan berbagai hal, diantaranya:

  1. Ukur kemampuan, dengan mengukur kemampuan diri siswa tidak akan salah memilih untuk menempati perguruan tinggi idaman dan tidak akan menyesal di kemudian.
  2. Minat,Bakat dan Cita-cita, dalam memilih jurusan di perguruan tinggi idaman sesuaikan bakat, minat dan cita-cita yang menuju profesi atau pekerjaan yang diinginkan.
  3. Tempat dan Biaya, pertimbangkan dalam memilih perguruan tinggi idaman dengan melihat kemampuan ekonomi masing-masing. Janganlah memaksakan diri dalam memilih perguruan tinggi idaman yang biaya kuliah tidak sesuai dengan kemampuan, karena nantinya bisa beresiko putus ditengah jalan. Dan pilihlah tempat perguruan tinggi yang juga tidak memberatkan ketika kuliah nanti, pilih kota yang biaya hidup rendah atau sesuai dengan kemampuan, kalau perlu pilih yang lebih dekat dengan tempat tinggal
  4. Profesi atau Pekerjaan, dalam memilih perguruan tinggi idaman haruslah melihat kedepan setelah lulus nanti, apakah jurusan dan perguruan tinggi tersebut bisa mendukung untuk mendapatkan pekerjaan yang baik. Walaupun latar belakang jurusan maupun perguruan tinggi tidak mutlak mempengaruhi dalam memperoleh pekerjaan, namun bisa juga menjadi bahan pertimbangan, karena para alumni yang sudah sukses akan mempertimbangkan juga kepada juniornya dalam memilih karyawan baru.
Dengan mempertimbangkan beberapa hal diatas, mungkin bisa dijadikan referensi dalam memilih perguruan tinggi idaman, sehingga siswa tidak salah dalam mendefinisikan perguruan tinggi idaman dan bisa tepat dalam memilih perguruan tinggi nanti.

Artikel By Hobi Bisnis untuk Lomba Blog UII

3 comments: