Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda.

Photobucket

Saya akan segera pasang balik link anda

Monday, January 11, 2010

Festival Museum Nusantara by hobi bisnis

Kenali bangsa dengan mengunjungi museum-museum di Taman Mini Indonesia Indah, itulah tema kontes kali ini. Dari tulisan tema itu mengingatkan aku ketika masih waktu anak-anak, maklumlah ketika itu masih SD kelas 3, jadi sangatlah senang dan bangga bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di jakarta, apalagi saya adala anak kampung yang berasal dari kota kecil PONOROGO.

Masih ingat betul sampe sekarang begitu gembiranya waktu itu, dan mungkin sangat terheran-heran dengan keindahan taman mini ndonesia indah yang mungkin saat ini dijadikan tempat salah satu Festival museum Nusantara.Dan saking gembiranya sempat bercerita kepada siapa saja yang kutemui ketika sudah pulang kampung.

Salah satu yang teringat kukunjungi adalah rumah adat Suku Asmat atau sekarang lebih dikenal museum asmat.Museum asmat menggambarkan salah satu rumah penduduk suku yang mendiami di pulau irian jaya yaitu suku asmat.m
Gedung museum mencontoh model rumah kariwari, yakni rumah pemujaan suku Tobati-Enggros, penduduk asli di tepi Danau Sentani, Papua, namun dikembangkan menjadi bangunan berarsitektur modern. Gedung terdiri atas tiga bangunan utama dan dua bangunan penghubung yang masing-masing berbentuk segi delapan, diberi kesan rumah panggung. Atap berbentuk kerucut tiga setinggi 25 meter berbahan GRC dan pada permukaannya diberi kesan daun rumbia. Di berbagai bagian bangunan diberi ragam hias dengan warna khas Asmat, yakni merah, putih, dan hitam.

Ketiga bangunan utama digunakan untuk ruang pameran tetap koleksi museum, sedangkan dua bangunan penghubung sebagian dimanfaatkan untuk ruang pameran tetap dan sebagian lagi untuk ruang administrasi, serta ruang pimpinan museum. Benda-benda pameran berupa benda-benda budaya yang mengandung nilai keperkasaan dan mencerminkan pandangan hidup orang Asmat yang selalu berkait dengan nenek moyang. Ikatan batin dengan nenek moyang itu diwujudkan dalam ukiran perlambang di berbagai benda keseharian.

Dan masih banyak lagi museum nusantara yang menggambarkan adat daerah seluruh indonesia yang terdapat di festival museum nusantara taman mini indonesia indah.untuk itu segera kunjungi taman festival museum nusantara taman mini indonesia indah agar lebih jelas tentang kebudayaan dan gaya hidup ( lifestyle) adat di indonesia.ke museum yuk!

2 comments: